Makan Nasi Atau Buah Lebih Dulu



#Kesehatan - Ada pendapat tentang terkaitnya dengan sebuah ritual makan #buah ini. Ada yang pendapat buah sebaiknya di makan sebelum makan nasi atau sebaliknya ini. Makan buah yang menjadi pencuci mulut bagi masyrakat setelah makan makan besar.

Menurut Guru Besar Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB) Profesor Ali Khomsan, yang kapan dalam waktu terbaik untuk bisa makan buah ternyata tergantunng berat badan kita.

"Buah ataupun Sayuran cukup penting didahulukan kalau kita alami obesitas atau pun overweight, agar tidak rakus dalam makan karbohidrat atau lemak," ujar kata  Prof. Ali dalam acara Journalist di Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPb, di Bogor Jawa Barat, hari Rabu 23/8/2017.

"Ternyata Apa Yang Kita Makan Dipagi Hari Mempengaruhi Kecerdasan Seseorang"


Semantara ini, bagi orang yang dengan berat badan normal tidak memiliki masalah pada bobot tubuhnya, maka tak akan ada aturan harus makan buah atau nasi lebih dahulu ini.

Prof. Ali yang mengingatkan bahwa tubuh dapat mencerna sesuai dengan apa makanan masuk ke perut kita. Bila yang masuk adalah Karbohidrat jauh lebih dahulu, maka akan bisa dicerna jauh lebih dulunya oleh Mulutnya. Sementara kalau yang akan masuk adalah protein, maka tak akan di cerna dari mulut, tapi didalam tubuh.

"Jadi Enzim tubuh kita ini keluar dari mencerna sesuai apa yang kita makan ini," ujar katanya.
(VL)
Previous
Next Post »